Home » » Begini Cara Memperbaiki Masalah Komputer Maupun Laptop yg sering Restart

Begini Cara Memperbaiki Masalah Komputer Maupun Laptop yg sering Restart

Begini Cara Memperbaiki Masalah Komputer Maupun Laptop yg sering Restart
Andromeda Komputer - Dalam permasalahan Anda mengenai Komputer Mungkin saja sedang menghadapi masalah Komputer yang suka restart sendiri. Dalam kasus seperti ini kita harus terlebih dahulu mencari tahu apakah itu masalah hardware (perangkat keras) tertentu.
ataukah masalah di perangkat lunak (software) tertentu. Karena ketidakstabilan sistem komputer dapat disebabkan oleh beberapa faktor.
Baiklah langsung saja saya akan menjelaskan tahapan – tahapan yang harus di perhatikan sebagai berikut :

  • RAM.

Untuk memastikan apakah masalah ada di RAM (Memory), terlebih dahulu anda harus Mendownload Memtest86+ ISO Image dan burn (bakar) ke disk lalu bootinglah dengan disk tersebut untuk memulai mendiagnosa RAM komputer dan Laptop,  jalankan diagnosa sampai melewati langkah ke 8 dan 9, pastikan semuanya tidak mengalami kesalahan sampai dengan 8 dan 9,  jika ada kesalahan  sedikit saja, dapat menimbulkan masalah kerusakan dan reboot sendiri. satu kesalahan berarti ada pada salah satu di RAM atau slot DIMM, ceklah secara satu persatu, cek juga manual mainboardnya dan lihat tegangan dan timing sudah diatur dengan benar apa belum di BIOS dan pastikan RAM tersebut sudah kompatibel dengan mainboardnya.

  • Harddisk.

Selanjutnya kita juga harus menguji kondisi Harddrive (harddisk), lihat merk harddisknya kemudian kunjungi website/situsnya. Pada sebagian besar produsen/pembuat harddisk biasanya akan menyediakan diagnosa sendiri untuk harddisk buatan mereka,

  • Overheat. 

Salah satu masalah yang paling umum (sering terjadi) yang menyebabkan ketidakstabilan sistem ialah Overheat (Kepanasan). Untuk mengujinya gampang saja, terdapat banyak utilitas yang dapat membantu kita untuk memantau suhu. Misalnya SpeedFan, HWMonitor, Open Hardware Monitor dll. Setelah kita menemukan bahwa penyebab ketidakstabilan ini ialah terlalu panas, maka bongkarlah CPU kita dan bersihkan debu2 yang melekat, pastikan debu2 yang melekat di pendingin prosesor dan kipas prosesor telah dibersihkan, juga disarankan untuk menganti lapisan penghantar panas di prosesor, pastikan smeua kipas (fan) bekerja dengan baik, Jika masalah overheat ini terjadi pada laptop kita, dan anda tidak terlalu mengerti tentang hardware, alangkah baiknya dibawa saja ke toko komputer untuk di servis.

  • BIOS. 

Kadang kita telah mengubah settingan di BIOS, seperti untuk tujuan Overclocking (memaksa kemampuan hardware untuk bekerja diatas kemampuannya) RAM atau prosesor dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. Dalam kasus tersebut, coba reset BIOS ke pengaturan default dan coba mencopot beterai BIOSnya sebentar lalu pasang kembali, pastikan firmware BIOS nya sudah ter-update.

  • Power Supply.

Kadang-kadang kita mungkin memiliki sistem yang bagus dengan mainboard terbaru. prosesor, GPU, RAM, dll. Akan tetapi untuk menangani ini semua, Power Supply (PSU) kita mungkin tidak cukup kuat, pastikan PSU kita cukup kuat untuk menangani hardware kita. kadang kegagalan PSU dapat menyebabkan sistem untuk bertindak aneh – dan sayangnya tidak ada cara mudah untuk mengujinya. Tapi kadang kita dapat mendengar suara berisik dari PSU yang dapat membantu kita mengetahui apakah itu PSU yang menyebabkan masalah ini.

  • Perangkat Eksternal. 

Kadang2 perangkat eksternal yang rusak seperti USB kamera, Mouse, Keyboard, dan kontroler game dll, dapat menyebabkan komputer reboot, cara terbaik untuk mengujinya ialah dengan mencopotnya satu persatu dan lihat apakah masalah dapat teratasi, dan cobalah gunakan keyboard dan mouse lain untuk melihat apakah ada perbedaan, juga kita dapat memeriksa di control program “Event Viewer” untuk melihat informasi perangkat USB yang terekam disana.

0 comments:

Post a Comment

join kursus
join workshop
join facebook group

Cara Mencari kata di Microsoft Word

Featured Post